Kisah Toleransi Murid-murid SD Kristen yang Jadi Tuan Rumah Buka Puasa Siswa Madrasah

Diakonia.id – Di pintu gerbang sekolah, puluhan anak-anak Sekolah Dasar Kristen Petra, Jombang, Jawa Timur, satu per satu menyalami tamu yang berkunjung ke tempat mereka.

Sembari melemparkan senyuman ramah dan bersahabat, anak-anak SDK Petra Jombang itu mempersilakan masuk belasan tamu berbusana Muslim seusia mereka.

Pada Senin (27/5/2019) petang, SD Kristen Petra, Jombang, kedatangan tamu dari Madrasah Ibtidaiyah (MI) Islamiyah Desa Plosogenuk, Kecamatan Perak, Kabupaten Jombang.

Selepas dari pintu gerbang sekolah, para siswa MI Islamiyah, didampingi sejumlah guru, memasuki lapangan sekolah.

Di situ, mereka disambut seratusan siswa dari SD Kristen Petra, siswa SD Kristen Wijana, serta siswa SDN Grogol 2 Diwek Kabupaten Jombang.

Selanjutnya, para siswa Muslim dan non-Muslim dari empat sekolah itu berbaur. Mereka bermain bersama di lapangan sekolah sembari menunggu waktu berbuka puasa.

Setelah bermain bersama dinilai cukup, sejumlah siswa SD Kristen Petra mengajak para siswa MI Islamiyah untuk berkeliling ke kompleks sekolah.

Mereka diajak berkeliling untuk mengunjungi ruang kelas, taman bermain, serta mengunjungi Gereja Kristen Indonesia (GKI) yang berada di lingkungan sekolah tersebut.

Waktu adzan Maghrib pun tiba. Para siswa SD Kristen Petra mengajak siswa dan guru dari MI Islamiyah memasuki sebuah ruangan yang sudah tersaji makanan dan minuman untuk berbuka puasa.

Sore itu, anak-anak dari MI Islamiyah berbuka puasa bersama anak-anak dari SD Kristen Petra, SD Kristen Wijana, serta anak-anak GKJW Bongsorejo dari SDN Grogol 2.

Seusai buka puasa bersama, sejumlah siswa SD Kristen dibantu para guru menyiapkan tempat untuk rombongan dari MI Islamiyah melaksanakan shalat Maghrib.

KOMPAS.com/MOH. SYAFII Suasana saat anak-anak dari MI Islamiyah, SD Kristen Petra, SD Kristen Wijana, serta anak-anak GKJW Bongsorejo dari SDN Grogol 2 bermain bersama menjelang acara buka puasa bersama di SD Kristen Petra Jombang, (27/5/2019) petang.

Sementara siswa lain tampak melayani para siswa MI Islamiyah untuk berwudhu dengan cara memegangi selang air.

“Karena di sini tidak keran air untuk fasilitas wudhu, kami minta anak-anak untuk melayani wudhu dengan menggunakan selang air,” ujar Kepala SD Kristen Petra Riri Nurini Setia Ningrum.

Para siswa MI Islamiyah bersama para guru melaksanakan shalat Maghrib berjamaah di atas karpet dan sajadah yang digelar di depan pintu gerbang Gereja Kristen Indonesia (GKI).

Leave a Reply