• +62 857-7315-8269
  • bonpascamp@gmail.com

Komite Eksekutif WCC Bersidang di Uppsala, Swedia

Diakonia.id – Komite Eksekutif World Council of Churches (WCC) bersidang di Uppsala, Swedia 1-8 November 2018, untuk menyetujui rencana program 2019 dan anggaran, menindaklanjuti dan memutuskan berbagai masalah, meninjau rencana strategis WCC, serta membahas persoalan dunia dan sekaligus mengeluarkan pernyataan menanggapi situasi saat ini.

Selain itu, evaluasi kegiatan hari jadi ke-70 dan acara-acara besar lainnya pada tahun 2018, seperti rapat komite pusat pada bulan Juni, juga ada dalam agenda. Perhatian khusus akan diberikan kepada kunjungan bersejarah Paus Fransiskus di Pusat Ekumenis di Jenewa pada 21 Juni.

Persiapan dan rencana untuk komite pusat 2020 telah dimulai dan akan bergerak maju berdasarkan evaluasi 2018. Proyeksi ke depan untuk pekerjaan WCC pada diakonia ekumenis, serta mendefinisikan langkah selanjutnya dalam proyek pembangunan Green Village di Jenewa, merupakan keputusan penting lainnya yang akan diambil minggu ini.

Komite eksekutif adalah badan pengelola yang menjalankan bisnis penting untuk WCC. Kelompok ini memberikan arahan kepada sekretaris umum tentang pekerjaan dan perkembangan sementara, serta memperdalam pemahaman bersama tentang isu-isu spesifik. Komite eksekutif WCC dibentuk oleh komite pusat WCC, yang memilih 20 anggotanya bersama dengan moderator komite pusat, dua wakil moderator dan sekretaris umum WCC, serta moderator program WCC dan komite keuangan.

Pertemuan komite eksekutif bertepatan dengan dua acara lainnya di Uppsala tahun ini yaitu Sidang Majelis Aliansi ACT yang membicarakan tentang Ekumenikal Diakonia dan Keberlanjutan serta Pekan Ekumenis. Tuan rumah lokal untuk Komite Eksekutif adalah Gereja Swedia, Persekutuan Gereja di Swedia dan Dewan Kristen di Swedia. (news@cww-coe.org)

Leave a Reply